Kamis, 03 Agustus 2017

Objek Wisata Religi Umat Islam di Yogyakarta

Wisata di Jogja maju sangat pesat beberapa tahun belakangan. Beragam tema dihadirkan mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, budaya, dan juga relligi. Saat ini perintah daerah Yogyakarta sedang gencar-gencarnya mengembangkan dan mempromosikan wisata bertema religi. Sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia membuat wisata dengan tema religi memiliki masa depan yang cerah jika digarap dengan serius. Berbagai macam promosi dan juga kegiatan rohani dilakukan oleh pemerintah pusat dan juga daerah. Jogja sebagai kota tujuan wisata utama di Indonesia juga memiliki bebarapa objek wisata dengan tema agama. Berikut tempat-tempat yang menjadi tujuan untuk wisata religi oleh umat Islam yang berkunjung ke Yogyakarta:

1.       Masjid Gedhe Kauman

Objek wisata yang pertama adalah Masjid Gedhe Kauman, masjid ini merupakan masjid terbesar dan tertua yang ada di kawasan Keraton Yogyakarta. Masjid ini merupakan masjid resmi dari Keraton Yogyakarta yang menjadi saksi sejarah berdiri dan berkembangnya keraton ini sejak abad ke 18. Dengan mengunakan gaya arsitektur Jawa klasik, bangunan masjid ini terlihat sangat indah dan megah. Masjid Kauman ini telah beberapa kali mengalami pemugaran akibat dari gempa bumi dan juga usia. Walau begitu keaslian bangunan masjid ini masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang ke masjid ini untuk sholat sekaligus berwisata religi melihat keagungan masjid ini.

2.       Makam Raja dan Masjid Kota Gede

Objek wisata kedua berada di kawasan Kota Gede yaitu Makam Raja Kota Gede dan Masjid Kota Gede. Di kawasan ini wisatawan bisa mengunjungi dan berziarah di makam raja pertama Kesultanan Mataram yaitu Penambahan Senopati dan keluarganya. Kawasan ini sangat indah karena merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Islam dan juga Hindu. Selain itu terdapat sabuah masjid yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Masjid ini dianggap sebagai masjid tertua yang berdiri di Yogyakarta. Dibangun pada zaman Kesultanan Mataram Islam, masjid ini masih berdiri kokoh di kawasan Kota Gede hingga sekarang. Sama seperti Masjid Gedhe Kauman, masjid ini juga telah mengalami beberapa kali pemugaran karena rusak oleh bencana alam dan juga faktor usia. Di masjid in, wisatawan bisa melakukan ibadah sholat sekaligus berziarah.

3.       Makam Raja Imogiri

Objek wisata selanjutnya adalah Makam Raja Imogiri. Tempat ini dikenal dengan sebutan makam raja-raja Mataram karena disinilah raja-raja Mataram bersemayam. Selain itu raja-raja dari pecahan Mataram yaitu Kesultanan Yogyakarta dan juga Kesultanan Surakarta juga dimakamkan di tempat ini. Banyak pengunjung yang berziarah di tempat ini sekaligus untuk mendoakan para leluhur juga untuk bersantai karena kawasan ini berada di atas sebuah bukit sehingga pengunjung bisa menikmati udara segar di sini.


Demikian objek wisata religi yang ada di Jogja. Masih banyak objek wisata lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi bagi wisatwan yang ingin paket wisata Jogja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar