Langsung ke konten utama

Objek Wisata Religi Umat Islam di Yogyakarta

Wisata di Jogja maju sangat pesat beberapa tahun belakangan. Beragam tema dihadirkan mulai dari wisata alam, kuliner, sejarah, budaya, dan juga relligi. Saat ini perintah daerah Yogyakarta sedang gencar-gencarnya mengembangkan dan mempromosikan wisata bertema religi. Sebagai negara dengan umat Islam terbesar di dunia membuat wisata dengan tema religi memiliki masa depan yang cerah jika digarap dengan serius. Berbagai macam promosi dan juga kegiatan rohani dilakukan oleh pemerintah pusat dan juga daerah. Jogja sebagai kota tujuan wisata utama di Indonesia juga memiliki bebarapa objek wisata dengan tema agama. Berikut tempat-tempat yang menjadi tujuan untuk wisata religi oleh umat Islam yang berkunjung ke Yogyakarta:

1.       Masjid Gedhe Kauman

Objek wisata yang pertama adalah Masjid Gedhe Kauman, masjid ini merupakan masjid terbesar dan tertua yang ada di kawasan Keraton Yogyakarta. Masjid ini merupakan masjid resmi dari Keraton Yogyakarta yang menjadi saksi sejarah berdiri dan berkembangnya keraton ini sejak abad ke 18. Dengan mengunakan gaya arsitektur Jawa klasik, bangunan masjid ini terlihat sangat indah dan megah. Masjid Kauman ini telah beberapa kali mengalami pemugaran akibat dari gempa bumi dan juga usia. Walau begitu keaslian bangunan masjid ini masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu banyak wisatawan yang datang ke masjid ini untuk sholat sekaligus berwisata religi melihat keagungan masjid ini.

2.       Makam Raja dan Masjid Kota Gede

Objek wisata kedua berada di kawasan Kota Gede yaitu Makam Raja Kota Gede dan Masjid Kota Gede. Di kawasan ini wisatawan bisa mengunjungi dan berziarah di makam raja pertama Kesultanan Mataram yaitu Penambahan Senopati dan keluarganya. Kawasan ini sangat indah karena merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Islam dan juga Hindu. Selain itu terdapat sabuah masjid yang memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Masjid ini dianggap sebagai masjid tertua yang berdiri di Yogyakarta. Dibangun pada zaman Kesultanan Mataram Islam, masjid ini masih berdiri kokoh di kawasan Kota Gede hingga sekarang. Sama seperti Masjid Gedhe Kauman, masjid ini juga telah mengalami beberapa kali pemugaran karena rusak oleh bencana alam dan juga faktor usia. Di masjid in, wisatawan bisa melakukan ibadah sholat sekaligus berziarah.

3.       Makam Raja Imogiri

Objek wisata selanjutnya adalah Makam Raja Imogiri. Tempat ini dikenal dengan sebutan makam raja-raja Mataram karena disinilah raja-raja Mataram bersemayam. Selain itu raja-raja dari pecahan Mataram yaitu Kesultanan Yogyakarta dan juga Kesultanan Surakarta juga dimakamkan di tempat ini. Banyak pengunjung yang berziarah di tempat ini sekaligus untuk mendoakan para leluhur juga untuk bersantai karena kawasan ini berada di atas sebuah bukit sehingga pengunjung bisa menikmati udara segar di sini.


Demikian objek wisata religi yang ada di Jogja. Masih banyak objek wisata lainnya yang akan kami bahas dilain kesempatan. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi bagi wisatwan yang ingin paket wisata Jogja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Mebel Jati Terbaru 2017

Furnitur adalah perlengkapan yang banyak dicari masyarakat untuk menghias rumahnya. Banyak dari masyarakat yang lebih menyukai furnitur atau mebel yang terbuat dari kayu jati. Jadi tidak mengherankan jika banyak pula yang mencari informasi mengenai perabot mebel jepara sperti set kamar tidur dan tempat tidurmewah. Mebel kayu jati yang paling laris di pasaran adalah buatan Jepara. Hal ini dikarenakan mebel jati dari Jepara memiliki kerapihan serta keindahan yang sangat sempurna untuk menghias apartemen atau rumah tercinta. Mebel kayu jati biasanya dijual dalam berbagai model ukiran. Mengingat ada banyak penjual mebel kayu jati yang beredar di pasaran, maka sudah sepatutnya masyarakat cerdas dalam memilih mebel yang dibutuhkan. Pasalnya, tidak semua pembuat furnitur atau mebel kayu jati menawarkan komitmen untuk bisa membuat mebel kayu dengan kualitas tinggi dan desain yang baik dan modern.
Meskipun demikian, mencari produsen yang menjual produk sesuai dengan harga mebel jati sebenarnya …

Tempat Travelling Asyik DI Raja Ampat

Tidak bisa dipungkiri lagi, kegiatan travelling sangat identik dengan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan hampir sebagian besar orang baik tua maupun muda sangat menyukai kegiatan travelling. Ada yang merencanakan travelling ke luar negeri. Namun travelling ke luar negeri tentu saja membutuhkan bugdet yang tidak sedikit dan persiapan yang rumit juga.
Jika anda merencanakan travelling, anda tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri. Anda bisa melakukannya di dalam negeri saja sehingga bisa menghemat budget pengeluaran anda. Ada berbagai macam tempat travelling yang asyik di Indonesia. Salah satu contohnya bernama Raja Ampat di Sorong Papua. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal tidak hanya di negara Indonesia namun juga terkenal di seluruh penjuru dunia.
Raja Ampat terkenal dengan wisata lautnya yang sangat indah karena di sini terdapat banyak sekali gugusan – gugusan pulau kecil yang sangat indah dan masih asri suasananya. Bahkan ada beberapa p…

Penerimaan CPNS 2017/2018 Jadwalnya Sudah Dapat Diprediksi

Informasi tentang Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 sudah ditunggu dan dinanti banyak orang sejak lama dari tahun ketahun khususnya oleh warga masyarakat Indonesia yang sejak lama berniat ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil Negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau disingkat dengan Menpan RB yaitu Asman Abnur baru-baru ini mengatakan bahwa untuk Penerimaan CPNS tahun 2017/2018 ini akan dititikberatkan pada penataan dan penerimaan pegawai untuk Daerah-daerah yang memiliki kapasitas anggaran dana belanja pegawai yang besar dan berlebih. Dengan kata lain, hal ini dapat dijadikan indikator bahwa perekrutan calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun ini akan segera dilaksanakan.

Apa Saja Bidang Ilmu Yang Terbanyak Dalam Perekrutan CPNS 2017

Bidang ilmu yang akan menjadi prioritas atau banyak dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2017 sudah dapat diketahui. Hal ini dapat dilihat dari program Nawacita yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo…