Langsung ke konten utama

Budaya Mapalus Manado, Sistem Kebudayaan Khas Indonesia yang Masih Terjaga Hingga Sekarang

Di Manado, ada banyak budaya yang bisa Anda temukan. Umumnya, setiap budaya yang dimiliki oleh Manado menjadi bagian dari ciri khas tersendiri yang dimiliki daerah ini dan tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. Salah satu budaya yang paling terkenal di Manado adalah budaya Mapalus Manado. Budaya Mapalus adalah sebuah teknik atau sistem kerjasama yang bertujuan untuk kepentingan keseluruhan masyarakat yang berada di Sulawesi Utara. Atau bisa dikatakan ini adalah istilah gotong royong versi masyarakat Manado. Faktanya, Suku Minahasa adalah salah satu penduduk lokal Sulawesi Utara yang masih mempertahankan dan menjalankan budaya ini dengan baik. Sudah disebutkan bahwa Mapalus dikenal menjadi tradisi yang berkaitan dengan gotong royong yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam menyambut berbagai acara atau kegiatan penting.



Informasi Mengenai Budaya Mapalus Manado

Menurut sejarah, Mapalus diwariskan dari para leluhur yang berasal dari Lumimu’ut dan juga Toar yang berdasarkan dengan filasah Minahasa yang dikenal dengan “Si Tou Timou Tumou Tou”. Selain itu, Mapalus ini juga berkaitan dengan motto hidup kebanyakan masyarakat Sulawesi yakni Torang Samua Basudara. Beberapa istilah ini hingga sekarang masih ada dan terus terjaga dengan baik dari setiap generasi pemuda Manado. Mapalus ini merupakan local wisdom dan juga lokal spirit yang berasal dari Minahasa. Umumnya, budaya Mapalus ini menjadi daya tarik tersendiri dari wisatawan yang berkunjung ke daerah yang sangat kental dengan kebudayaannya ini. Hal ini dikarenakan wisatawan yang berkunjung tidak bisa menemukan budaya yang sama di tempat tinggalnya. Tour manado terbaik

Pada awal perkembangannya, budaya Mapalus Manado ini banyak diterapkan dalam berbagai aktivitas khusus yang ada kaitannya dengan pertanian, salah satunya dalam perayaan hasil panen atau sebagainya. Namun karena perkembangan dunia yang begitu pesat, budaya Mapalus bukan hanya dikhususkan untuk bidang pertanian saja, melainkan diterapkan pada semua kegiatan kemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang biasanya tidak bisa lepas dari Mapalus adalah perkawinan, membuat perahu, upacara adat dan juga upacara kematian. Uniknya, setiap kegiatan yang dilakukan tersebut selalu dilakukan secara bersama-sama, atau gotong royong. Nah, inilah salah satu tanda bahwa Manado memang masih menerapkan budaya ini dalam kehidupan hari-harinya.


Perlu Anda ketahui bahwa Manado merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal sebagai daerah dengan pemegang kebudayaan yang masih terjaga hingga saat ini. Jadi, apabila Anda berkunjung ke Manado untuk liburan atau kepentingan bisnis, pasti ada saja satu upacara kebudayaan yang akan Anda temukan. Hal ini tentunya sangat menarik untuk diteliti bahwa masih ada elemen masyarakat yang hingga saat ini masih peduli dengan sistem kebudayaan yang ia miliki. Walaupun kita tahu bahwa perkembangan dunia sudah hampir merenggut berbagai hal tradisional. Dengan contoh dari budaya Mapalus Manado, kita bisa belajar bahwa semaju apapun Indonesia, kebudayaan dan juga sejarah adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan begitu saja. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Harga Mebel Jati Terbaru 2017

Furnitur adalah perlengkapan yang banyak dicari masyarakat untuk menghias rumahnya. Banyak dari masyarakat yang lebih menyukai furnitur atau mebel yang terbuat dari kayu jati. Jadi tidak mengherankan jika banyak pula yang mencari informasi mengenai perabot mebel jepara sperti set kamar tidur dan tempat tidurmewah. Mebel kayu jati yang paling laris di pasaran adalah buatan Jepara. Hal ini dikarenakan mebel jati dari Jepara memiliki kerapihan serta keindahan yang sangat sempurna untuk menghias apartemen atau rumah tercinta. Mebel kayu jati biasanya dijual dalam berbagai model ukiran. Mengingat ada banyak penjual mebel kayu jati yang beredar di pasaran, maka sudah sepatutnya masyarakat cerdas dalam memilih mebel yang dibutuhkan. Pasalnya, tidak semua pembuat furnitur atau mebel kayu jati menawarkan komitmen untuk bisa membuat mebel kayu dengan kualitas tinggi dan desain yang baik dan modern.
Meskipun demikian, mencari produsen yang menjual produk sesuai dengan harga mebel jati sebenarnya …

Tempat Travelling Asyik DI Raja Ampat

Tidak bisa dipungkiri lagi, kegiatan travelling sangat identik dengan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan hampir sebagian besar orang baik tua maupun muda sangat menyukai kegiatan travelling. Ada yang merencanakan travelling ke luar negeri. Namun travelling ke luar negeri tentu saja membutuhkan bugdet yang tidak sedikit dan persiapan yang rumit juga.
Jika anda merencanakan travelling, anda tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri. Anda bisa melakukannya di dalam negeri saja sehingga bisa menghemat budget pengeluaran anda. Ada berbagai macam tempat travelling yang asyik di Indonesia. Salah satu contohnya bernama Raja Ampat di Sorong Papua. Objek wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang sangat terkenal tidak hanya di negara Indonesia namun juga terkenal di seluruh penjuru dunia.
Raja Ampat terkenal dengan wisata lautnya yang sangat indah karena di sini terdapat banyak sekali gugusan – gugusan pulau kecil yang sangat indah dan masih asri suasananya. Bahkan ada beberapa p…

Penerimaan CPNS 2017/2018 Jadwalnya Sudah Dapat Diprediksi

Informasi tentang Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 sudah ditunggu dan dinanti banyak orang sejak lama dari tahun ketahun khususnya oleh warga masyarakat Indonesia yang sejak lama berniat ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil Negara. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau disingkat dengan Menpan RB yaitu Asman Abnur baru-baru ini mengatakan bahwa untuk Penerimaan CPNS tahun 2017/2018 ini akan dititikberatkan pada penataan dan penerimaan pegawai untuk Daerah-daerah yang memiliki kapasitas anggaran dana belanja pegawai yang besar dan berlebih. Dengan kata lain, hal ini dapat dijadikan indikator bahwa perekrutan calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun ini akan segera dilaksanakan.

Apa Saja Bidang Ilmu Yang Terbanyak Dalam Perekrutan CPNS 2017

Bidang ilmu yang akan menjadi prioritas atau banyak dibutuhkan dalam pendaftaran CPNS 2017 sudah dapat diketahui. Hal ini dapat dilihat dari program Nawacita yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo…