Jumat, 11 Agustus 2017

Budaya Mapalus Manado, Sistem Kebudayaan Khas Indonesia yang Masih Terjaga Hingga Sekarang

Di Manado, ada banyak budaya yang bisa Anda temukan. Umumnya, setiap budaya yang dimiliki oleh Manado menjadi bagian dari ciri khas tersendiri yang dimiliki daerah ini dan tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. Salah satu budaya yang paling terkenal di Manado adalah budaya Mapalus Manado. Budaya Mapalus adalah sebuah teknik atau sistem kerjasama yang bertujuan untuk kepentingan keseluruhan masyarakat yang berada di Sulawesi Utara. Atau bisa dikatakan ini adalah istilah gotong royong versi masyarakat Manado. Faktanya, Suku Minahasa adalah salah satu penduduk lokal Sulawesi Utara yang masih mempertahankan dan menjalankan budaya ini dengan baik. Sudah disebutkan bahwa Mapalus dikenal menjadi tradisi yang berkaitan dengan gotong royong yang sering dilakukan oleh masyarakat dalam menyambut berbagai acara atau kegiatan penting.



Informasi Mengenai Budaya Mapalus Manado

Menurut sejarah, Mapalus diwariskan dari para leluhur yang berasal dari Lumimu’ut dan juga Toar yang berdasarkan dengan filasah Minahasa yang dikenal dengan “Si Tou Timou Tumou Tou”. Selain itu, Mapalus ini juga berkaitan dengan motto hidup kebanyakan masyarakat Sulawesi yakni Torang Samua Basudara. Beberapa istilah ini hingga sekarang masih ada dan terus terjaga dengan baik dari setiap generasi pemuda Manado. Mapalus ini merupakan local wisdom dan juga lokal spirit yang berasal dari Minahasa. Umumnya, budaya Mapalus ini menjadi daya tarik tersendiri dari wisatawan yang berkunjung ke daerah yang sangat kental dengan kebudayaannya ini. Hal ini dikarenakan wisatawan yang berkunjung tidak bisa menemukan budaya yang sama di tempat tinggalnya. Tour manado terbaik

Pada awal perkembangannya, budaya Mapalus Manado ini banyak diterapkan dalam berbagai aktivitas khusus yang ada kaitannya dengan pertanian, salah satunya dalam perayaan hasil panen atau sebagainya. Namun karena perkembangan dunia yang begitu pesat, budaya Mapalus bukan hanya dikhususkan untuk bidang pertanian saja, melainkan diterapkan pada semua kegiatan kemasyarakatan. Salah satu kegiatan yang biasanya tidak bisa lepas dari Mapalus adalah perkawinan, membuat perahu, upacara adat dan juga upacara kematian. Uniknya, setiap kegiatan yang dilakukan tersebut selalu dilakukan secara bersama-sama, atau gotong royong. Nah, inilah salah satu tanda bahwa Manado memang masih menerapkan budaya ini dalam kehidupan hari-harinya.


Perlu Anda ketahui bahwa Manado merupakan salah satu daerah di Indonesia yang dikenal sebagai daerah dengan pemegang kebudayaan yang masih terjaga hingga saat ini. Jadi, apabila Anda berkunjung ke Manado untuk liburan atau kepentingan bisnis, pasti ada saja satu upacara kebudayaan yang akan Anda temukan. Hal ini tentunya sangat menarik untuk diteliti bahwa masih ada elemen masyarakat yang hingga saat ini masih peduli dengan sistem kebudayaan yang ia miliki. Walaupun kita tahu bahwa perkembangan dunia sudah hampir merenggut berbagai hal tradisional. Dengan contoh dari budaya Mapalus Manado, kita bisa belajar bahwa semaju apapun Indonesia, kebudayaan dan juga sejarah adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan begitu saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar