Rabu, 19 Juli 2017

Manfaat Fixed Asset Management Software dalam Proses Stock Opname

Stock Opname, Inventaris, fisikal cek atau Audit adalah pekerjaan yang terberat dalam pengelolaan inventory dan fixed asset. Bahkan sebuah perusahaan rela untuk mengeluarkan biaya yang cukup besar menyerahkan tugas ini ke pihak ketiga karena sumber daya baik personil dan waktu yang dibutuhkan dalam proses audit fixed asset sangat menyita.



Pekerjaan ini meliputi pekerjaan inventarisasi kembali aset-aset yang pernah dimiliki dan diakui. Biasanya data aset berpatokan pada dokumen pembelian aset sebelumnya yang kemudian data-data tersebut di ditelusuri satu persatu hingga fisik aset yang di maksud di temukan. Penelusuran aset inilah yang biasanya menyita waktu dan tenaga.

Yang terjadi dilapangan adalah belum tentu semua aset yang ada pada data bisa ditemukan dengan mudah dan bahkan jika tidak ditemukan pun tidak segampang itu sebuah aset dinyatakan hilang sampai seluruh lokasi ditelusuri satu persatu dan seluruh item aset telah di periksa satu persatu.

Dan jangan lupa setelah pekerjaan fisikal cek ke lapangan, anda masih perlu melakukan rekonsiliasi data antara data sebelumnya dengan data hasil audit juga cukup menyita waktu.

Dengan menggunakan fixed asset management software, pekerjaan inventarisasi atau fisikal cek sangat jauh lebih ringan dan cepat. Pekerjaan ini dapat mengandalkan fixed asset management software dikarenakan proses audit dan verifikasi aset antara fisik dan data di lakukan dengan sistematis menggunakan barcode reader. Dan hasil verifikasi ini langsung di kumpulkan dalam bentuk report data yang telah terekonsiliasi.


Demikian kondisi-kondisi yang akan muncul jika kita bekerja dalam hal pengelolaan fixed asset dan pelaporannya. Pemilihan fixed asset management software yang lengkap tentu akan sangat menguntungkan anda secara jangka panjang. Dan kami merekomendasikan VemaFATS sebagai fixed asset management software di perusahaan anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar